Sunday, May 23, 2010

Blog Entry Kembali ke Desa Bamban (Bag. II)

Ari sekarang udah kelas 3 SMP, sekolahnya di Pamotan. Sigit udah kelas 2 SD, sekolahnya nggak jauh-jauh, di Bangunrejo. Sekarang Sigit udah bisa bahasa Indonesia, gue nggak banyak ngobrol sih sama dia tapi keliatan dari gasturenya dia lebih ramah dan udah mau nempel-nempel sama Nico. Sigit cita-citanya jadi guru…uhh terharu gue, pasti dia ngikutin ibunya yang sekarang masih jadi guru TK. Sedangkan Ari, gue yakin cita-citanya udah lebih tinggi disbanding dulu, waktu kelas 4 SD.

Pak Dadi cerita kalo dia terbuka dengan keluarganya tentang kondisi keuangan keluarga yang nggak tetap dan dia juga nggak bosan untuk nasehatin istri dan anak-anaknya untuk terus sabar dan bersyukur. Katanya dengan begitu, 2 anak itu nanti akan lebih dewasa dan bijak dalam berpikir dan bertindak. Tiba-tiba Pak Dadi sambil menerawang bilang kalo dia bener-bener nggak nyangka kalo gue dan Nico (juga Fahri dan Fithri) akan berkunjung ke Bamban, karena yang mahasiswa-mahasiswa UNDIP yang pernah KKN disitu dan nginep di rumahnya pun nggak ada yang datang lagi untuk sekedar mampir. Ya ampun.. gue hamper nangis denger dia ngomong begitu, untung bisa ditutupi dengan kelilipan. Dia juga banyak nanya tentang Fahri dan Fithri, dia masih inget lo Yi dulu lo suka telfon2an lamaaaaaa banget sama Nilka kalo malem. Gue cerita panjang lebar lah tentang Fahri dan Fithri, Asa dan Aisyah, …yiaaah walaupun buntut-buntutnya kuping gue dan Nico harus sedikit panas ya denger nasehat dan saran dari Pak Dadi untuk segera berumahtangga.. pesennya gini, “…untuk apa mengejar kesuksesan tapi masih melajang..karena mencari rizki untuk anak dan keluarga itu nikmatnya bukan main…” Makasih ya pak saran dan nasehatnya, Insya Allah akan diinget terus. Sekarang Mbah udah tenang dan tanpa beban hidupnya, semua anak-anaknya udah pada ngumpul di Bamban. Adeknya Pak Dadi yang dulu di Bandung sekarang suaminya udah ditugaskan di Sedan, anak-anaknya Mbah, walaupun bukan orang-orang yang bergelimang harta tapi setidaknya sudah menjadi orang-orang yang berguna dan berbakti kepada si Mbah, orangtuanya. Subhanallah..

Pak Dadi sebenrnya agak maksa gue dan Nico untuk nginep di rumahnya terus dianter ke Semarang abis sahur.. kalo ke Semarang pake mobilnya dia bisa lebih dari 3 jam, harus santai, adeknya Oron kurang bertenaga gue rasa. Tapi dengan sangat halus dan berjuta-juta alasan terpaksa gue tolak, gue nggak mau rush in time untuk kembali ke Semarang. Sebenernya pengeeeeen banget nginep disitu.. apalagi kalo nambah ada Fahri dan Fithri, wah nggak kebayang asiknya. Pak Dadi agak sedikit kecewa tapi dia maklum penjelasan gue, karena minggu siang gue harus balik ke Jakarta dan Seninnya udah ngantor lagi. Setidaknya gue dan Nico buka puasa di rumahnya, dia udah seneng banget. Kita buka puasa pake es degan dicampur sirup…hummmm..segeeerrr! “Jangan takut mbak Gita dan mas Nico, kalo soal degan disini Insya Allah nggak kekurangan” gitu katanya. Emang bener sih, biasanya tiap sore tuh Pak Dadi nganter kelapa muda 1 pickup ke Bojonegoro karena permintaan yang tinggi di Bojonegoro. Menu buka puasa sore itu sederhana, nggak ada kudapan, ta’jil, atau makanan kecil. Selain es degan ada es jeruk yang seger juga. Menu makan malamnya tempe tahu goreng, sayur bayem,, ayam, bandeng, dan ini nih.. yang baru pertama kali gue makan; oseng-oseng jambu monyet! Hmmm.. enak, gurih, sepet, enaklah pokoknya.. gue dan nico nambah beberapa kali, hihi..nagih! Sigit makannya banyaaaak banget, sampe diingetin sma Bu Dadi supaya makan secukupnya. Sigit puasanya masih setengah hari, adzan zuhur buka terus lanjut lagi puasanya. Selesai makan, kita gentian sholat maghrib terus foto-foto sambil ngobrol di rumah Mbah yang udah bagus ituuu.. wih, nggak nyangka begitu masuk ke dalem, rapid an bersih, gue cuma masuk sampe ruang tamu aja sih.. nggak sampe dapur dan belakang. Jadi inget dulu, kalo mandi harus sambil jongkok soalnya pintu kamar mandinya cuma setengah badan, wahahaha.. Udah gitu pintunya gak bisa dikunci jadi toleransi aja, kalo liat pintu kamar mandi ditutup artinya ada orang dan jangan coba-coba nerobos masuk. Mbah laki dan Mbah wedo’ menurut gue nggak bertambah tua sama sekali, masih persis sama kayak 4 taun lalu makanya awalnya gue agak nggak yakin kalo itu mbah, wih…kedua Mbah ini bisa dibilang awet tua, tuanya awet gitu udah nggak nambah-nambah lagi, ck ck ck dan mereka masih bekerja, salut Mbah!

… Sampai Jumpa Lagi Bamban

Jam 7 malem lewat dikit, abis Isya’ gue dan Nico pamit pulang. Banyak pesennya Pak Dadi buat kita semua, katanya lain kali kalo mau kesini harus ambil cuti yang banyak jangan cuma wiken kayak gue sekarang. Terus, dia minta selalu diingat sama kita ber4, terutama kalo ada lowongan pekerjaan, entah itu supir, tenaga kasar atau apapun yang bisa dia kerjakan pasti dia kerjakan, demi nafkah untuk keluarganya katanya. Malam itu kita diantar sampe Lasem oleh Pak Dadi lengkap bersama Bu Dadi, Ari dan Sigit dengan mengendarai adiknya Oron, pickup Mitsubishi warna coklat itu. Gue dan Bu Dadi duduk di depan bersama Pak Dadi (haha, kayak lirik lagu delman nih), hmmm..mobilnya lumayan, bisa kebut dan bikin gue nyenyak tertidur sepanjang jalan dari Pamotan sampe ke Lasem, haha.. kemampuan tidur gue emang udah teruji dimanapun! Gue pasti tidur easily. Di Lasem mereka nunggu kita dapet bis ke Semarang, setelah 15 menit nunggu dapet juga bisnya yang dari arah Surabaya. Alhamdulillah, nggak terlalu banyak penumpang, pake AC dan nggak ada si Meler lagi, bisa tidur nyenyaklah pokoknya. Bis ini nggak berhenti untuk ngetem, langsung tancep ke Terboyo di Semarang dan nyampe dalam 3 jam, lumayanlah nggak terlalu malem, jam 11. Abis itu kita naik taxi ke hotel dan melanjutkan tidur… Fyuuuh Alhamdulillah, perjalanannya bisa dibilang lancar walaupun sebenernya masih pengen tinggal lebih lama..

Minggu pagi, gue dan Nico jalan-jalan bentar ke daerah simpang 5 dan beli sedikit oleh-oleh (jalan-jalannya si bentar…tapi rasanya jauuuuuuuh bener, Pandanaran, Pandanaran!). Teruuus.. balik ke Jakarta deh dengan selamat sentosa. Dari airport gue naik Damri yang secepat kilat udah nyampe aja di Jatibening.

Perjalanan singkat yang jauh dan baru kali ini gue lakukan, capek, ngantuk tapi tulus. Semoga silahturrahmi dengan keluarga di Bamban tetep terjaga sampe dimanapun kaki kita melangkah, bukan begitu teman-teman? Fahri, Fithri?

No comments:

Post a Comment