Friday, September 21, 2012

Diving Pertamaku


Satu lagi daftar mimpi atau tepatnya 'things must try before i die' yang aku centang hari ini.. 'Diving Properly and Licensed'. Sebenernya sih kalo mengacu di buku yang aku tulis; 'Diving' ajah, tapi ini dapet nilai lebih karena divingnya dalam rangka ujian untuk ngambil PADI license. Biar bisa aku baca terus menerus, i decided to write catatan diving-ku disini.
Grogol, 9 Oktober, hampir tengah malem
Akhirnya gue memutuskan untuk nginap di kos-an Helen di Grogol karena rasanya nggak mungkin gue nggak kesiangan dan harus mulai perjalanan dari Radio Dalam. Bayangin, gue dan Nico harus udah ada di Muara Angke setidaknya jam 6.30 karena kapal ke Pulau Pramuka berangkat jam 7 pagi. Jadi, disinilah gue,di kamar kosnya Helen sedang bersiap-siap akan tidur. Jam 23.30, masih aja chit chat sama Helen, padahal udah sama-sama rebah di pulau kapuk. Akhirnya bisa merem dengan perasaan deg-degan (takut kesiangan) sekitar jam 1.30am
Grogol, 10 Oktober, 2/3 malam

Gue kebangun karena di luar berisik banget. Maklum, kos-annya Helen pas banget di belakang terminal kecil Grogol, tempat bis-bis AKAP pada kongkow,jadilaaah.. jam 3 pagi terdengar amat sangat ramai seperti di pasar. Gue nggak bisa tidur, ACnya dingin banget! (dan gue terbiasa tidur tanpa AC) tapi terlebih karena gue terlalu excited untuk diving besok (hoho, lebay nggak?), dan yang terutama gue takut gue kesiangan kalo gue tidur! DAMN!.. dan akhirnya gue bener-bener kesiangan! gue baru kebangun jam 5.30, ough! padahal rencananya mau berangkat dari Grogol jam segitu. Gue langsung nelfon Nico, panik! takut dia kesiangan juga. Gak diangkat-angkat.. gue ngibrit mandi, tepatnya cuci muka, gosok gigi, dan basahin rambut (biar dikira keramas dan mandi). Maaf, nggak ada kata mandi untuk orang yang kesiangan, bener dong?? Gue telfon Nico lagi, yang ngangkat Tomy "...Git, Niconya baru mandi, kesiangan dia" What?? Dia kesiangan dan dia mandi?? hhhhh.... curang! Akhirnya gue packing dan say thanks to Helen and waved to Mba Aster yang masih bobo. Gue telfon Nico lagi dan dia belum selesai akhirnya gue cuma titip pesen ke Tomy kalo gue nunggu depan kampus. Gue sempet masuk ke dalam kampus dan ambil uang di ATM, agak lama juga, kira-kira 15 menit Nico dateng dibonceng Tomy, hell yeah! dan dia tetap tampak seperti tak mandi..huahaha.
Kita naik B01, carry merah yang lewat persis depan kampus. Gue dan Nico nyampe jam 6.20, sambutan bau amis khas pelabuhan menyambut dan kita biasa-biasa aja, seolah udah terbiasa, abis mau gimana lagi coba? Kapal yang mau ke Pamuka udah sangat penuh dan siap mau berangkat. Oow.. gue bingung, karena Joe dan yang lain belum dateng, setau gue kapal ke Pramuka itu cuma 1x berangkat yaitu jam 7, tapi ini 6.30 aja belum tapi kapalnya udah penuh dan siap berangkat. Gue yakin apapun yang terjadi kapal ini nggak akan mau nunggu kita dengan alesan apapun. Ngeri gue mbayangin berjubel penumpang yang ngamuk gara-gara nungguin 5 orang yang mau diving, bakal jadi pertempuran yang nggak imbang. Setelah telfon-telfonan sama Pak Menik (kontak gue yang di Pramuka) ternyata jam 7 nanti akan ada kapal lagi yang berangkat, namanya Bintang Alam 2, syukur deh, walaupun sebenernya agak sebel sama kenek kapalnya karena dia bilang kapal yang penuhnya minta ampun itu adalah satu-satunya yang akan berangkat ke Pramuka, artinya gue dibohongin karena ketidaktahuan gue, bukankah ini satu bentuk penganiayaan?? Oh well, akhirnya tu kapal berangkat juga, lalu gue sarapan dengan tenang. Gue beli bubur ayam rasa amis (sugesti makan di pelabuhan ya begini ini). Nico nggak ikut makan, dia bilang dia udah sarapan di Grogol (bagooos.. sama-sama telat bangun tapi dia nyempetin mandi dan sarapan, tega ngebiarin gue nunggu depan kampus, dengan keadaan nggak mandi dan laper karena belum sarapan... makasih ya Nico *miris*). Tiba-tiba gue ngebayangin, seandainya gue kehabisan udara di bawah laut gue yakin dia adalah orang pertama yang bakal dadah dadah ke gue lalu ascending to surface tanpa membagi octopusnya ke gue, damn! Mimpi buruk banget buddy-an sama dia nih. Nggak lama Joe, Bayu, Sarah, dan Lely dateng. Yippie! Ternyata kita berenam. Kapalnya nggak nunggu lama-lama untuk berangkat karena penumpang juga udah banyak. Kita duduk di atas, enak banyak angin. Nggak kerasa lama soalnya gue melanjutkan tidur gue yang kurang. Joe juga tidur, Nico tidur-tiduran. Sarah sama Lely sibuk chit chat sambil makan ransumnya Lely. Bayu sibuk motret-motret dan ngeladenin bapak-bapak yang sok asik.
Perjalanan ke Pramuka lancar-lancar aja, pas 2 jam. Jam 8.45 kita udah nyampe di dermaga Pulau Pramuka. Wuw... aku kembali lagi kesini, merasa seperti anak pulau, uh senangnyaaa (lebih cocok dibilang anak pulau dibanding anak kota). Joe, Bayu, dan Nico sibuk nurunin barang. Gue langsung nyari-nyari Pak Menik dan ber-hai-hai ria. Kita dianter sampe ke homestay yang udah gue pesen secara mendadak, which is located tepat di depan dermaga, lovely.. nggak perlu jauh-jauh jalannya kalo mau ke kapal. Homestaynya semalem Rp 400,000 ajah dan bisa dibilang mewah untuk kita. Ada 3 kamar besar, tv, AC , dan 3 kamar mandi. Walaupun ruang tamunya sempit, nggak terlalu jadi masalah karena rumah ini punya teras yang cukup luas, dan yang terpenting sangat dekat ke warung untuk memesan kopi.
Tabung dan pemberat udah disiapin sama Pak Menik. 10 tabung untuk hari ini udah nangkring aja di dermaga lengkap dengan pemberatnya. Kapal sempet mendadak nyarinya dan dapetnya agak mahal; Rp 400,000, alesannya karena ternyata hari itu kita sampe maghrib, padahal setau gue Rp 300,000-350,000 udah paling mahal loh. Hmmm... inilah birokrasi pungli Indonesia, sampe di strata bawah pun akan kita temui. Anyway.. setelah naro barang, istirahat bentar sambil ngopi-ngopi, selanjutnya kita pilih-pilih wet suit, masker, fin, BCD, dan regulator yang udah disewain Joe dari Jakarta. Nggak lupa kita beli nasi bungkus dulu buat bekel. Nggak jauh-jauh makannya dari nasi padang, warungnya ada di belakang homestay, deket. Bekel udah, pake wet suit udah, sun block udah, kamera stand by... Brangkaaaaat!! Tujuan pertama adalah Pulau Semak Daun, sekitar 20 menitlah pake kapal dari Pramuka.

Pulau Pramuka dan sekitarnya yang masuk di kepulauan Seribu bukan pulau yang sepi. Pulau Seribu udah jadi alternatif warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Selain deket, paket homestay dan kapal yang relatif murah untuk rombongan, disini juga ada penyewaan life jacket, snorkle, dan fin untuk mereka yang mau snorkling. Umumnya mereka nginep di Pramuka lalu keliling pulau-pulau di sekitarnya dengan kapal. Pulau-pulau lain menurut gue lebih bersih dibanding Pramuka, kayak Pulau Air, Semak Daun, dan Karya. Setelah nyampe di Pulau Semak Daun, ternyata visibility nggak terlalu oke, mungkin karena air lautnya lagi surut, sehingga silt dan sedimen lainnya naik ke atas dan bikin keruh bukannya mengendap. Akhirnya nggak jadi turun, kapal yang disupirin sama Pak Maman bergerak lagi lebih ke tengah dengan harapan kali ini lebih jernih. Hmmm... lumayan lah, akhirnya kita coba deh. Uhh..deg-degan gini gue, hehe. Mulai deh pasang-pasang, pasang primary regulator first stage ke tabung, lalu low presure inflator ke BCD, cek-cek tekanan dalem tabung, and so on. First lesson, Joe minta kita roll back dari kapal. Ah susah payah dah gue, memakai peralatan perang ini. Humphh... duduk di pinggir kapal, roll back dan byuuurr! Wuhuuuu... loh loh, tapi koq rasanya ada yang aneh dengan BCDnya, oho ternyata belum dikencengin BCDnya, dibantu Bayu dikencengin dah BCD gue. Lalu, kita berlima berkumpul di depan kapal, menggunakan tali sebagai reference untuk turun ke bawah. 5 points descend; Signal, Orientation, Regulator, Time and Descend... c u under the sea! Tapiiii... gue nggak pegangan ke tali dan akhirnya terpisah jauh entah dimana yang jelas talinya semakin jauh dari gue dan parahnya lagi visibilitynya ternyata buruk banget, gue nggak bisa liat apa-apa selain pasir yang membumbung ke atas, ohhh... tidaaaaaak!
Akhirnya gue balik lagi ke atas, ternyata gue cuma beberapa meter aja dari samping kapal tapi di bawah udah nggak bisa liat apa-apa lagi. Nggak lama, Joe naik ke atas, kebingungan nyari-nyari gue dan Sarah, salah komando ternyata, harusnya Bayu sama Nico yang turun dulu lalu gue dan Sarah. Akhirnya, gue dan Joe turun lagi ke bawah, kali ini gue memegang tali dengan hati-hati, takut kesasar. Sampe di bawah, wah mereka bertiga sedang foto-foto sepertinya. Sarah yang juga sedang ujian untuk Advance Divingnya emang bawa kamera Canon G9 lengkap dengan housingnya jadi dia bisa hunting all those tiny irresistable creatures under the sea. Tiba-tiba Sarah nyolek gue dan ngasi kode kalo tabung gue melorot, iketannya nggak kenceng gitu, pantes kenapa tiba-tiba gue merasa ada yang aneh di belakang. Akhirnya Joe dan Sarah bergotongroyong mengencangkan tabung gas gue, hehe.. makasih ya temans. Setelah muter-muter nggak jelas, Joe, instrukturnya minta kita kembali ke atas, kyanya sih karena bener-bener gak keliatan apa-apa di bawah. Wuahhh... begitu naik kapal, si Lely lagi makan siang gitu, wihh jadi kepengen tapi belum boleh karena kita masih akan nyemplung. Setelah dapet tempat yang kayaknya jernih kita nyemplung lagi, kali ini boleh pasang alatnya di dalam air, mayan ga berat. Di bawah kita diuji lagi sama Joe materi yang minggu lalu dipraktekin di kolam; clearing mask. Nico sempet ada masalah gitu dengan maskernya, kayaknya sih airnya nggak bisa keluar dari maskernya tapi Joe kurang nangkep apa maksudnya Nico, akhirnya Joe minta Nico nulis di atas board dengan pinsil airnya itu, hehe *gimana ya rasanya nulis di dalem air*
Lulus semua deh pokoknya untuk clearing mask. Terus kita jalan-jalan, haha nyelam-nyelam tepatnya sambil liatin Sarah yang lagi ujian navigasi. Di bawah pasir dan siltnya dominan, karena kita anak baru jadi masih sering bikin pasir-pasir naik ke atas (hehe masih gak bagus nih bouyancynya) dan sangat mengganggu sarah yang mau motret-motret. Terus kita keliling-keliling bersama-sama, humm...asiiik! gue sekalian melatih dan membiasakan diri dengan bouyancy gue, inhale...naik, exhale...turun sambil sesekali tanpa sengaja fin gue nendang terumbu (uuuuppss!! Maaf...) atau diver lain. Setelah kurang lebih 40 menit kita balik lagi, naik ke atas untuk makan siang. Siang itu maximum depth kita mencapai sekitar 20-30ft atau 7-9m. Kita makan siang di Pulau Semak daun, kapal merapat ke dermaga dan kita lahap makan di pinggir dermaga, nyam nyam! Nasi, tongkol pedes, dan daun singkong.. enyaaak. Sebelum nyemplung lagi, kita istirahat sambil nurunin nasi sekitar 1 jam. Lely dan Sarah sibuk foto-foto gitu, berasa kayak di pulau pribadi yang baru aja mereka temuin, hwahaha.. gue.. tidur siang ajah di pinggir pantai, kebetulan ada kursi panjang buat baringan. Ternyata Nico, Bayu, dan Joe udah siap-siap mengganti dengan tabung kedua.. wah mereka baik sekali, semuanya diturunin dan diganti di dermaga. Gue ikut bantuin (dikiiit) yang punya gue aja tapi, hehe.
Siang itu panaaaaas banget jadinya nggak sabar pengen buru-buru nyemplung. Waktu kita udah siap mau berangkat rombongan lain yang mau snorkling dan exploring Semak Daun dateng beramai-ramai 2 kapal, ada Pak Menk juga yang lagi jadi guide. Kata Pak Menik, sekarang air laut surutnya siang (kenapa ya Pak?), makanya nggak heran kalo visibility di bawah nggak bagus. Lalu dibawalah kita oleh Pak Maman kembali ke tempat tadi, setelah sebelumnya ke spot yang disaranin sama Pak Menik (ternyata keruh juga). Kali ini makenya kembali di dalam air, seperti biasa 5 points descend; signal, orientation, regulator, time and....descend. Di bawah kali ini kita ujian CESA, wuw.. setelah berjalan-jalan tentunya yaaa.. Sarah yang jeli ngelihat mahluk bawah laut yang lucu-lucu, sementara kalo gue masih sibuk dan asik sendiri, naik turun, melatih bouyancy.
11 Oktober 2009
Hari Minggu, karena cuaca teduh dan indah jadilah hariMinggu yang cerah pagi itu kita dive di dermaga saja. Hari ini, tinggal dive 3 dan 4, materinya navigasi, manual inflate, dan CESA. Dum dudum dudum.. kita semua siap-siap di dermaga sambil menyimak Joe yang memberi pengarahan how to use compass.. well, not a new thing for me actually, tapi yang bikin lain karena bacanya nanti dalam air, hihi, jadi nggak sabar.
Pagi itu, lumayan terik dan ramai di dermaga. Banyak yang dive juga tapi untungnya bukan di dermaga, cuma jadi agak penuh sesak aja dermaga pagi itu. Selain oleh para diver, anak-anak pulau yang atraksi loncat-loncatan seakan-akan nggak mau kalah dengan kita yang mau dive.
Di dalam laut, huhuw.. sudah mulai terbiasa dengan equalize yang agak beda karena gue pake masker yang modelnya ada valvenya. Masker model begini equalizenya harus swallow begitu descend, kalo nggak bisa telat equalize and u'll feel squeezed. Gue disuruh Joe untuk mulai memakai kompas, seperti yang sudah dia ajarin sebelumnya tadi di dermaga. Lalu dengan sigap dan PD gue mempraktekan ilmu navigasi tsb di bawah laut. Tapi tau nggak?! gue terlalu terfokus pada kompas sampe nggak fokus lihat ke depan, alhasil gue semakin ke atas dengan sangat cepat. Untung Joe udah waspada dan langsung narik fin gue supaya gue tetep menyelam pada jalur yang telah ditentukan.
Di bawah laut kita sempet berpapasan dengan penyu yang warnany coklat kebuluk-bulukan, haha cukup senang. Dia lewat tepat di atas kita, Sarah pun gak sempet ngambil fotonya. Terus kita pun ditunjukkin sama Joe kuda laut, tapi bentuknya kayak ular dan warnanya item putih, kalo orang lokal bilangnya tangkur buaya. Karena sebenernya jenis kuda-kuda laut itu bermacam-macam. Hari ini sama, 2x dive juga dan itu juga nggak lama-lama. Untuk memenuhi persyaratan ujian Open Water kan harus 4x Dive.. haha, dan ini dive ke-4 kami saudara-saudara. Dive terakhir ditutup dengan praktek CESA dan inflate manual. Ada cerita sedikit lucu waktu dive terakhir. Baru sebentar kita dive, mungkin 20 menit lah, tiba-tiba Nico ngasih kode ke gue dan Joe kalo tabung nafasnya dia sudah hampir di garis merah. Ough! sedangkan gue, setengah aja belum... mmmm ada apa gerangan sih sama nafasnya Nico??? segitu borosnya! Akhirnya gue menemani dia ascending to surface deh, secara kita budy-an *uuhh menyesaaaal* padahal ya, untuk 20 menit ke depan tabung gue masih cukup tuh. Anyway, gak apalah daripada dia semaput dalem laut kan ?!
Setelah selesai dive terakhir ini, kita langsung siap-siap setelah membilas-bilas semua gear dengan fresh water (salah satu maintenance dive gear juga nih). Sambil nongkrong di dermaga kita nungguin kapal datang dari Pulau Panggang yang akan membawa kita kembali ke Jakarta. Ngobrol-ngobrol ditemani ABC Moca, sambil sesekali merem gara-gara angin sepoi-sepoi..hmm nikmat bangetlah! Nggak nunggu terlalu lama kok kita sampai akhirnya kapal itu dateng. Penuh!! full! dan semua adalah turis dari Jakarta. Kali ini kita duduk di dalem dan tidur pulas.
Senangnya bisa menyelesaikan tulisan ini. Dive pertama yang sangat berkesan, good experiences, good mateys, nice weather and eventually i was cured by the current and all those tiny creatures :-)  
Well, selamat bekerja kembali dan welcome home to Jakarta


With Bayu, Lely, Nico, Sarah, Joe







No comments:

Post a Comment